Select Your Style

Choose your layout

Color scheme

MANFAAT & BAHAYA SINAR MATAHARI BAGI KULIT

MANFAAT & BAHAYA SINAR MATAHARI BAGI KULIT

Sejak kecil, kita sering mendengar manfaat sinar matahari. Sinar matahari dapat memenuhi kebutuhan vitamin D bagi tubuh. Untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, asupan vitamin D akan memengaruhi proses pembentukan tulang.
Tak hanya memiliki manfaat untuk tubuh, ternyata sinar matahari juga dapat menyebabkan penuaan pada kulit. Paparan sinar ultraviolet berlebih dalam waktu lama akan merusak serat kolagen dan elastin (lapisan dermis kulit). Kulit akan tampak keriput, kendur, dan pori-pori membesar. Selain itu, kulit menjadi lebih mudah memar karena hilangnya serat kolagen sebagai “bantalan” kulit.
Tak sekadar menyebabkan penuaan kulit, radiasi ultraviolet yang dipancarkan matahari juga bisa menyebabkan kanker kulit. Hal ini bisa terjadi karena radiasi ultraviolet dalam intensitas besar akan merusak materi genetik pada sel kulit. Bila kerusakan ini terus berlanjut, pertumbuhan sel kulit menjadi tidak terkontrol hingga menimbulkan kanker kulit. Saat ini, kanker kulit adalah salah satu jenis kanker paling sering muncul dengan jumlah pengidap yang terus meningkat.
Beberapa faktor yang menyebabkan tingginya risiko kanker kulit antara lain warna kulit terang, riwayat kanker kulit pada keluarga, sering beraktivitas di luar ruangan, dan pengaruh iklim tropis. Karena itu, kesadaran akan bahaya sinar matahari sebagai pencetus timbulnya kanker kulit perlu ditingkatkan.
Berikut tips menghindarkan penyakit dari paparan sinar matahari:
– Hindari paparan sinar matahari antara pukul 10:00-14:00.
– Selalu gunakan SPF lotion dengan kandungan SPF minimal 24 pada 15-30 menit sebelum beraktivitas di bawah sinar matahari.
– Lindungi kulit dari terpaan sinar matahari langsung dengan menggunakan pakaian atau pelindung lainnya (topi lebar atau payung)
– Gunakan kacamata dengan proteksi terhadap sinar ultraviolet untuk mencegah terjadinya gejala penuaan dini di sekitar mata.

ABOUT AUTHOR

NO COMMENTS

GIVE A REPLY