Select Your Style

Choose your layout

Color scheme

Gigi Palsu

Gigi palsu biasanya digunakan untuk menggantikan gigi yang rusak. Fungsi gigi palsu digunakan untuk mengunyah makanan dan untuk estetika wajah. Biasanya gigi palsu dibuat mirip seperti aslinya baik warna maupun bentuknya. Hal tersebut dilakukan agar orang tidak tahu bahwa gigi yang dipakai adalah gigi palsu.

Berikut adalah jenis gigi palsu yang ada sekarang ini:
1. Gigi Palsu Lepasan
Jenis gigi palsu ini diperuntukan untuk menggantikan sebagian atau semua gigi yang tanggal. Gigi palsu jenis ini didesain sedemikian rupa agar pemakai bisa dengan mudah melepaskan dan memasangnya tanpa bantuan dokter atau ahli gigi.

2. Mahkota Selubung
Jenis gigi palsu satu ini dibuat untuk menyelimuti gigi asli yang sudah rusak tetapi akar dan syarafnya masih berfungsi dengan baik.

3. Gigi Tiruan Lengkap
Gigi palsu ini dipilih jika semua gigi telah tanggal atau gigi yang tersisa harus dicabut karena sudah rusak dan tidak dapat diperbaiki lagi. Jadi fungsi gigi palsu ini menggantikan semua gigi yang telah tanggal.

4. Gigi Palsu Sebagian Lepasan
Gigi palsu sebagian dirancang menggantikan beberapa gigi asli yang copot. Gigi ini biasanya terdiri dari gigi palsu pengganti yang menempel pada basis plastik berwarna merah muda atau bisa juga di gusi, yang biasanya dihubungkan oleh kerangka logam yang dikatikan ke gigi asli, sehingga dapat menahan gigi palsu sebagian di dalam mulut.

5. Bridge/Jembatan Gigi
Gigi palsu sebagian tempatnya berada diantara gigi tetap. Biasanya untuk kehilangan gigi lebih dari satu. Gunanya sebagai jembatan penghubung dicelah yang terjadi akibat gigi copot. Gigi tiruan ini dibuat permanen dengan mengikat gigi tiruan (pontik) ke gigi alami, gigi disisipkan dengan dipasangi mahkota diatasnya, letaknya disamping ruang diantara gigi asli.